memilih rubik cubus sesuai selera

Memilih Cube

 Semua pasti tahu tentang mainan ini: Rubiks Cube, mainan kubus yang terdiri dari kotak-kotak kecil berwarna di setiap bagiannya dan masing-masing sisi bisa diputar guna menemukan warna yang sama di tiap bagiannya. Mainan ini cukup populer saat ini dan banyak ditemukan di toko buku yang biasanya bersama buku-buku panduan untuk menyelesaikannya.Dan sekarang saya akan mencoba share pengetahuan saya tentang macam macam cube yang saya ketahui.Check It Out!!



1.Rubik Abal-Abal
    Rubik jenis ini dapat anda beli dengan mudah di banyak tempat,misalnya di toko mainan, Harga rubik jenis ini juga tergolong murah.
Ciri yang paling mencolok dari rubik jenis ini adalah skema warnanya yang seringkali tidak standart dan putarannya yang termasuk cukup keras dan sering mengalami lock up (menyangkut).Rubik ini juga mudah pop out (lepas piecenya) bila dimainkan dengan terlalu cepat dan tanpa fingertrick yang baik

  Walaupun kualitasnya tidak terlalu baik ,tidak ada salahnya anda mulai belajar dengan menggunakan rubik "abal-abal" ini. Abel Brata,pemegang rekor MURI untuk kategori "Menyelesaikan rubiks cube tercepat", pada awal perjuangannya menggunakan rubik jenis ini hingga bisa menyelesaikan rubik dibawah 1 menit.Anang Yulianto (Adenk), speeedcuber asal Solo bahkan dapat menyelesaikan rubik jenis ini dibawah 20 detik! Waktu normal yang bisa dicapai dengan rubik jenis ini adalah 1 sampai 2 menit tergantung seberapa besar skill dan seberapa sering anda latihan.

2.Original Rubik's Cube
Rubik Original
    Original Rubik's Cube adalah rubik yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan Rubik's. Anda dapat mengenali dari center piece putihnya yang berlogo "Rubiks Cube" serta kemasannya yang berbentuk hexagon.Rubik jenis ini bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup mahal sekitar Rp100.000,00  - Rp125.000,00. Karena ketersediannya yang cukup luas, rubik ini juga dikenal dengan sebutan rubiks store-bought (dapat dibeli di toko).
   Rubik ini pada awalnya berat untuk diputar sehingga dapat menurunkan semangat.Kekencangan rubik orisinil ini tidak bisa diatur karena menggunakan rivet (sejenis paku),bukan screw (mur) yang bisa dilonggarkan.
  kualitas rubik ini tergolong baik karena awet dan tidak mudah pop out.Salah satu kekurangannya terletak pada kualitas stikernya yang sangat buruk,akan cepat sekali mengelupas.Hal ini dapat ditandai dari warna putih di stikernya.Rubik jenis ini akan mulai nyaman digunakan setelah dipakai selama 1 bulan.


3.Chinese DIY Cube 

   DIY adalah singkatan dari Do It Yourself(bukan Daerah Istimewa Yogyakarta :p).Hal ini menunjukkan bahwa rubik jenis tersebut memungkinkan kita mengatur screw dan spring (pegas) untuk menentukan tingkat kerapatan yang diinginkan.Semakin longgar screw berarti semakin mudah rubik diputar,namun juga berarti semakin rentan terhadap pop out.Anda dapat mengaturnya sesuai selera dan kebutuhan anda.

Rubik jenis ini memiliki banyak tipe:
Rubik Guo Jia Alpha 3 F
a.  Tipe A
     Tipe A mempunyai merk Guo Jia Alpha,yaitu tipe yang paling umum di  Cina.Putaran rubik halus dan cukup baik dalam cutting corner.Tipe ini juga mengeluarkan banyak jenis variasi tipe,Antara lain Alpha1,Alpha2Alpha3,Alpha3F,Alpha4,Alpha5,Alpha5F,Alpha Haiyan (Haiyan Cube),Haiyan Memory.Dan tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sesuai dengan selera penggunanya.Rubik Tipe ini mempunyai suara khas alpha,yaitu Berisik dan Krispy.





b.Tipe B
     Tipe B mempunya merk Sheng En.Putarannya berat dan kurang cocok untuk speedcubing.Tersedia warna yang bervariasi seperti emas,perak,dan transparan

Rubik Merk Guo Bing
c.Tipe C
     Tipe C mempunyai merk Guo Bing.Merk ini bisa dikatakan sebagai Chinese DIY yang paling seimbang, putarannya tidak terlalu ringan dan tidak pula terlalu berat.Bobotnya sedang diantara tipe A dan tipe F.Cutting Corner-nya pun sangat baik dan kualitas bahannya bagus. 






d.Tipe D 

Rubik Yong Jun


    Tipe D mempunya merk Yong Jun,dapat dikenali dari boxnya yang bertuliskan logo YJ.Memiliki kualitas yang tidak terlalu baik.Rubik ini dikenal paling gencar dalam meniru mekanisme merk rubik lain.Harga rubik ini jauh lebih murah dibanding rubik tipe lain,hanya sekitar Rp25.000,00. Seperti pengalaman saya dulu waktu pertama kali membeli Yong Jun,1 sampai 2 bulan pertama memang terasa sangat enak tetapi saat memasuki 3 bulan rubik Yong Jun saya mulai mengendor dan akhirnya Pop Out pun sering terjadi.Inilah buktinya bahwa rubik pun memiliki umur.Yong Jun hadir dengan stiker Teksture (seperti pasir)

e.Tipe E
Rubik Diansheng with painted
   Tipe E mempunyai merk diansheng,sama seperti Yong Jun,rubik Diansheng juga dikenal gencar meniru mekanisme rubik lain namun lebih memberikan inovasi pada puzzlenya.Secara kualitas sedang sedang saja saat dibuka dari kemasan,namun putarannya akan lebih halus setelah dilubrikasi.Cutting cornernya lumayan dan tidak mudah pop out.Berbeda dengan rubik tipe lainnya yang menggunakan stiker,rubik jenis ini menggunakan Painted(cat) yang langsung dicat ke bagian luar piecenya sebagai pengganti stiker,alhasil warnanya pun jadi cepat mengelupaskarna menggunakan cat.Harga rubik jenis ini cukup murah tetapi lebih mahal dari Yong Jun dengan kualitas yang tetap mampu bersaing dengan merk lain.

f.Tipe F 


Rubik Sheng En tipe F1
Rubik Sheng En tipe F2
TipeF memiliki Merk Sheng En juga seperti tipe B namun memiliki kualitas yang berbeda.Jenis ini disebut-sebut memiliki putaran paling halus dari seluruh jenis DIY.Ciri khas yang paling mencolok dari tipe ini adalah bobotnya yang sangat ringan,yang boleh jadi kurang cocok bagi cuber (pemain rubik) yang sudah terbiasa dengan rubik berat seperti Rubik's Original.Tipe ini juga dikenal memiliki core yang mudah rusak.Direkomendasikan untuk mengganti corenya dingan core tipe A..Jenis ini juga mengeluarkan 2 jenis tipe yang berbeda,yaitu tipe FI dan FII yang keduanya sama-sama memiliki putaran yang ringan..


g.C4U
Rubik C4U
   C4U merupakan singkatan dari Cube For You,yaitu sebuah merk yang dulu sempat populer di kalangan cuber indonesia.Walaupun bobotnya berat,tipe ini banyak diminati karena kemampuan cutting cornernya yang sangat baik dan tidak mudah pop out.Perasaan menggunakannya seperti menggunakan Rubik Orisinal yang sudah digunakan dalam waktu yang lama hingga halus.Namun bagi anda yang tidak terbiasa memainkan cube ini,anda akan mengalami banyak lock(menyangkut) dikarenakan bentuk piece-piecenya yang kotak kotak(siku-siku).Cube 4 You hadir dalam berbagai macam warna base.
4.Korean Cube
   
Rubik Edison Cube
   Rubik produksi Korea dikenal dengan merk Joy Cube dan Edison Cube.Namun kedua merk ini sudah tidak diproduksi lagi entah kenapa.Karakteristik putaran kedua cube ini sama,namun Edison Cube lebih berat.Edison sangat disukai untuk speedcubing, karena memiliki cutting corner yang menakjubkan serta jarang mengalami lock-up maupun pop out.Edison memiliki mekanisme khusus yang dimiliki oleh bagian dalam center piecenya, menjadikannya memiliki presisi putaran yang sangat baik.Rubik ini memerlukan waktu untuk menjadi nyaman digunakan,layaknya rubik Original.Kekurangan Edison adalah harganya yang sangat mahal(dua kali lipat dari harga DIY lainnya) dan warna stikernya yang gelap.


5. Rubik's DIY Cube (Merk:Rubiks)

Rubiks DIY (Do It Yourself)
   Pada prinspinya Rubik's DIY Cube sama dengan Chinese DIY, namun dikeluarkan oleh perusahaan Rubik's. Rubik tipe ini memiliki cutting corner yang baik dan sedang putarannya(tidak terlalu ringan dan berat).Bobotnya juga lebih ringan dari rekan setimnya (Rubiks Original).Rubik ini hadir dalam kondisi belum terakit,jadi anda harus merakitnya sendiri mau tidak mau.Rubik ini akan nyaman digunakan jika sudah diatur tensionnya dengan pas.





Sumber:    - buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"

1 comments:

  1. Gan rubik 4x4 ane ancur lebur nih, bisa kasih tips nggak ? Cara benerinnya gimana sih ? mereknya YJ

    BalasHapus

Comentlah Yang berkualitas dan membangun :)

 

Order by Phone


No Rek Mandiri
114 00 0707109 8
AN/
JANU HERYANTO

HP : 089646811159
Pin BB : 265B4135
@Jbsrubik

Blogroll

About