Tablet unik dari ASUS Eee Pad Transformer


makin banyak gadget canggih penghias dunia nyata sekarang ini, mulai dari yang murah hingga yang super mahala, Produk tablet merupakan salah satu perangkat yang paling sulit dijual & faktor harga memegang peranan paling penting terhadap daya tariknya. Semakin rendah harga yang ditawarkan (tanpa menawarkan dengan harga terlalu rendah, sehingga menjadi diragukan kualitasnya) semakin tertarik pula konsumen untuk membeli produk tablet tersebut.

Pada kisaran harga $400 dengan kapasitas 16 GB dan wifi, Asus eee Pad Transformer merupakan tablet Honeycomb termurah yang tersedia di pasaran, bahkan lebih murah $100 dari iPad 2 dengan fitur paling minimal. Tapi dengan harga penawaran demikian, apakah tablet ini layak untuk dilirik user?

Dari segi ukuran, tablet ini memiliki ukuran tampilan lebih besar dari tablet-tablet pada umumnya dengan ukuran layar 10.7 inci dengan resolusi 1280x800 pixel. Akibatnya tablet ini lebih nyaman di genggaman pada orientasi landscape.

Sayang sekali sudut-sudut pada tablet ini dibuat tidak melengkung seperti pada umumnya, sehingga apabila digunakan dalam jangka waktu lama terasa agak mengganggu.

Pada pandangan pertama, kualitas dari tablet ini terlihat cukup solid dan baik + tekstur desainnya yang seperti kulit ular memberikan daya genggam yang lebih baik dari misalkan iPad 2 yang sepertinya mudah selip dari pegangan kita.
Speaker produk ini terletak di sisi kanan dan kiri. Kamera 1.2 megapixel dan 5 megapixelnya terletak di tengah atas.
Pada sisi kanan terdapat slot untuk microSD card, mini-HDMI, microphone dan headphone jack. Sedangkan disisi kiri terdapat tombol power/lock dan volume. Dibagian bawahnya terdapat konektor 40 pin untuk melakukan charging dan koneksi ke PC untuk melakukan transfer data. Tidak adanya port USB sepertinya disengaja agar pengguna membeli dock tambahannya 

Begitu dock tambahan yang dibundle dengan harga kisaran $150 ini dicolokkan, maka tablet ini berubah menjadi seperti Honeycomb Netbook. Pada dock tambahan ini terdapat tombol keyboard lengkap beserta dengan multitouch touch pad. Disini juga terdapat 2 USB port, port SD card reader & baterai tersendiri. Tuts-tuts keyboardnya terasa sangat baik dan nyaman untuk penggunaan dalam jangka waktu lama.

Sayang sekali pemasangan tablet ke dock seringkali cukup membuat frustasi.... Tidak adanya penanda untuk mensejajarkan dua bagian terpisah ini membuat kita harus mencoba-coba, belum lagi untuk mengunci tablet ke docknya harus diberikan tekanan yang cukup keras apabila masih baru.

Produk tablet ini hanya tersedia dalam versi wifi, jadi kita tidak akan melihatnya ditawarkan dengan fitur 3G yang memungkinkan penggunaan di daerah tanpa koneksi internet dari wifi.

Navigasi di honeycomb yang cukup berbeda dengan sistem-sistem sebelumnya, akan membuat pengguna android yang sudah berpengalaman sekalipun membutuhkan waktu untuk menjadi terbiasa. Namun begitu menguasainya, maka dapat dijumpai banyak sekali kelebihan-kelebihan baru yang menarik yang ditawarkan OS ini.

Quote:
SPESIFIKASI UMUM

Product Type : Web tablet

Width : 271 mm ; Depth : 171 mm ; Height : 12.98 mm ; Weight : 1.5 lbs

Color : Espresso

Display Type : 10.1 in, IPS TFT active matrix - LED backlight - Yes
Display Resolution : 1280 x 800

Memory : Flash Memory 16 GB, Integrated
RAM : 1 GB, DDR2 SDRAM

Supported Flash Memory Cards : microSD/microSDHC

Processor : NVidia, Tegra 2.1 GHz ; Multi-Core Technology : Dual-Core

Operating System / Software : Android 3.0 Honeycomb

Communications : Wireless Connectivity 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1 EDR

Digital Camera : Rear-facing Camera
Sensor Resolution : 5 megapixels ; Front-facing Camera : 1.2 Megapixel

Multimedia Functionality : Audio, Microphone , speaker(s) - Stereo

GPS System : GPS Navigation, GPS receiver

Input Device : Touch-screen

Battery : Lithium polymer ; Capacity : 24.4 Wh ; Run Time (Up To) : 9.5 hour(s)

Expansion / Connectivity : Expansion Slot(s) 1 x microSD

Interfaces :
1 x Audio - Headphones/microphone - Mini-phone 3.5 mm,
1 x Audio / video - HDMI - 19 pin mini HDMI Type C

Miscellaneous :
- Sensors
- Ambient light sensor,
- Three-axis gyro sensor,
- Digital compass

Features :
- G-sensor,
- Scratch-resistant Gorilla glass
Spoiler for Pic Tambahan








Kelebihan =
+ Dengan harga di kisaran $400, Asus Eee Pad Transformer memiliki nilai jual terendah dibandingkan tablet Honeycomb lainnya ;
+ Multitasking di android 3.0 sangat mengagumkan, tidak terlihat adanya lag maupun masalah saat berganti-ganti antar aplikasi ;
+ Tampilan layarnya sangat bagus ;
+ Interface/Touch nya sangat responsif ;
+ Kinerjanya baik ;
+ Ada Speaker Built in ;
+ Adanya opsi untuk membeli dock/keyboard tambahannya sangat menarik, karena selain meningkatkan fungsionalitas juga menambahkan daya tahan baterai selama 6 jam.

Kekurangan =
- Built in kameranya kurang bagus. Sensor 5MP nya ternyata tidak berfungsi sebaik yang diharapkan sehingga terlihat berbeda jauh dengan yang mampu dihasilkan oleh Samsung Galaxy Tab 10.1 atau the LG Optimus Pad ;
- Penggunaan USB Mouse yg dicolokkan langsung ke tablet tidak selancar yang diduga, karena terkesan ada lag. Mungkin hal ini akan diperbaiki pada software update Asus ;
- Pemasangan tablet ke docknya agak menyulitkan.


KESIMPULAN

Terobosan dari Asus ini bisa dibilang merupakan tablet non-windows OS pertama yang bisa membuat penggunaan netbook tersingkirkan. Dengan penawaran harga jual nya yang lebih terjangkau & berbasis android 3.0 maka tablet ini bisa menjadi pilihan utama bagi pengguna di entry & mid level.

0 comments:

Post a Comment

Testimoni, kritik dan saran sangat kami harapkan