Review Buku Rubik - Keren Asik

Buku karangan Mr. Chuck yang ke 3 sudah terbit! tidak diragukan lagi, buku ini pasti telah dinantikan oleh banyak orang.
review yang saya buat disini, berdasar dari apa yang sudah saya baca. mohon maav bila ada yang kurang berkenan sehingga ada beberapa pihak yang merasa dirugikan dengan adanya review ini. :)





Buku ini adalah buku terbitan Gradien Mediatama. Buku ini saya dapat langsung dari penulisnya, yaitu Mr. Chuck. Bahkan beliau belum mendapatkannya saat saya mendapatkan buku ini. Thx Mr. Chuck =)
Saya sudah membaca sebagian besar bagian2 dari buku ini. meskipun ada beberapa bagian yang hanya sepintas saja karena saya sudah tau, bahkan donk banget :p.
Pendahuluan
Buku ini dimulai dengan sejarah Puzzle, mirip seperti buku pertamanya yang menceritakan sejarah Rubik's, namun kali ini lebih menceritakan tentang Puzzle secara umum.
 Seperti puzzle yang sudah ada sejak dulu, tentang Jigsaw puzzle dan Tangram yang berasal dari China, dan lainnya. Saya rasa, bagian ini mengambil referensi dari buku "The Cube" karangan Jerry Slocum, dan tentu saja dengan perubahan secukupnya. Bagian ini mungkin tidak semua orang tahu, sehingga bisa memperluas pengetahuan pembaca. Dalam bagian ini, penulis (Mr. Chuck) juga mempromosikan 2 buku karangan penulis yang lainnya. :D

Mengenal Cube Berdimensi Lainberisi tentang puzzle selain 3x3x3. Disini juga ditunjukan berbagai variasi dari 3x3x3 seperti Cubotahedron, Octagonal Barrel, dll. sudah jelas bila dilihat dari judulnya, dibagian ini pula dijelaskan cube dari 2x2x2, 4x4x4, 5x5x6, 6x6x6, dan 7x7x7, mulai dari kombinasi yang dapat terjadi, penemu aslinya, pemilik lisensi, juga merk2 cube dari yang jelek sampai yang terbagus.
 dijelaskan juga tentang modding cube meskipun hanya sedikit dan merujuk ke beberapa link internet. bagian ini cocok untuk orang yang benar2 awam dalam memilih cube selain 3x3x3.
ada juga tulisan di bagian akhir dari bagian ini : "Sayangi cube Anda, dan ia akan balik menyayangi Anda." :)

Panduan menyelesaikan 2x2x2
berisi tentang panduan untuk menyelesaikan 2x2x2. awalnya menceritakan bahwa 2x2x2 tidak semudah yang kita bayangkan. dituliskan juga rekor dunianya.
pengenalan cube 2x2x2 juga cukup jelas, dimulai dari tidak ada center piece, warna opposite, notasi, dan berbagai macam metode2 yang ada mulai dari LBL yang sama dengan 3x3x3, hingga metode EG yang memiliki 120 algo. jadi pembaca tinggal memilih metode yang pas untuk digunakan, jika mereka ingin lebih cepat.

Panduan menyelesaikan Big Cubes
bab ini mungkin adalah bab yang paling ditunggu2 oleh para cuber yang ingin mendalami big cubes. diawali dengan pengenalan dan notasi untuk big cubes yang memiliki sedikit perbedaan dengan 3x3x3 biasa. penjelasannya cukup jelas, dimulai dari outer layer turn, inner layer turn, sampai N-layer turn dan rotasi cube.
metode awal yang diajarkan cukup mudah untuk dimengerti, dimulai dari menyusun center, memasangkan edge, fase 3x3x3, dan parity yang mungkin dapat terjadi pada big cubes juga penjelasan mengapa parity tersebut dapat terjadi. penulis juga menggunakan istilah2 yang dipakai dalam bahasa sehari2 seperti "posisi siap jemput", "pola papan catur", dan lainnya. penjelasan dimulai dari metode yang paling mudah untuk dimengerti seperti 1 edge pairing, hingga metode2 advance yang ada seperti freeslice, 6 at a time, dan lainnya. tentu saja tak hanya tentang edge pairing saja.
banyak sekali metode2 yang terpampang di bagian ini, sehingga kita tinggal memilih metode manakah yang pas dan layak untuk kita gunakan.

Panduan metode BLD M2/Turbo
penjelasan BLD M2/Turbo secara tertulis. di bagian ini tertulis beberapa syarat yang disarankan seperti akurasi 60%, BLD sub 5 menit (Old Pochmann), dan lainnya.
-M2 edges
penjelasan di buku dilengkapi dengan example solve perbagiannya dan dilengkapi pula dengan algo2 setup move dan algo untuk menembak ke M layer yang lengkap. dijelaskan juga tentang parity dan kondisi ganjil genap pada M2 edges. penjelasan tentang metode M2 ini tidak jauh berbeda dari video tutorial Chuck di youtube tentang M2 edges. dan tak hanya algoritma saja, namun dijelaskan juga bagaimana cara bekerjanya.
-Turbo Corners
dimulai dari prinsip dasar hingga kumpulan2 algoritma beserta imagenya. diterangkan juga mengapa turbo edges tidak digunakan dan menggunakan M2 hingga penjelasan tentang parity.
dibagian akhir dijelaskan juga dengan menggunakan contoh penyelesaian full.

Panduan metode BLD Big Cubes
diawali dengan pencapaian mas virkill menjadi orang pertama yang melakukan 4x4x4 BLD di Indonesia. penjelasan cukup jelas. dari pengenalan piece, metode center yang ada juga bervariasi. dari U2, 4B2M, dan 8 mover (center commutator). dilengkapi juga dengan list algoritma yang lengkap untuk menembak target center dengan menggunakan U2 dan 42BM. tak hanya algoritma saja, namun dijelaskan juga bagaimana cara bekerjanya. untuk penjelasan 8 mover sudah cukup saya rasa. dengan adanya penjelasan konsep dasar untuk commutator, hingga penerapannya pada center.
penjelasan pada edge juga cukup jelas, karena hampir sama dengan metode M2 untuk 3x3x3 biasa. dilengkapi juga dengan list algo setup moves dan untuk menembak ke posisi r layer. parity juga dijelaskan dengan baik, adanya perbedaan parity pada 4x4x4 dan 5x5x5 dan mengapa hal itu bisa terjadi.
panduan ini makin lengkap karena adanya perencanaan siklus dan memorisasi dan penjelasan dengan example solve pada 4x4x4. meskipun example solve pada 4x4x4 menggunakan metode center commutator untuk centeringnya, sehingga mungkin menyebabkan orang yang baru pertama kali membaca yang membaca agak bingung.

Rubik News : KotakKatik
pada bagian ini penulis mereview Cube bikinan perusahaan asli Indonesia. yaitu KK ( Kotak Katik ). KK hadir dalam 4 jenis cube. yaitu Flash Cube, Slide Cube, Speed Cube, dan Ice Cube.
menurut saya, penulis ingin mengatakan bahwa overall, kotakkatik adalah rubik yang bagus dan mampu bersaing dengan cube dengan merk2 lainnya.

Tentang penulis
berisi tentang biodata penulis yaitu biodata Mr. Chuck yang tidak jauh berbeda di buku2 sebelumnya.

Glosarium
berisi tentang kata2 yang agak sulit dimengerti, dibuku2 sebelumnya penulis juga memaparkan Glosarium, dan ini cukup membantu bagi para newbie.

Referensi
berisi tentang referensi untuk menulis buku. sayangnya hanya ada link2 saja, padahal penulis mengambil referensi dari buku The Cube, namun tidak menuliskannya.

VCD
durasi VCD total adalah 61 menit 9 detik. kelihatannya cukup lama bukan? namun isi VCD sebetulnya sama persis dengan bab Panduan menyelesaikan Big Cubes, namun dengan menggunakan video. bagi Anda yang tidak paham dengan apa yang anda baca pada bagian Panduan menyelesaikan Big Cubes, dan Anda lebih suka menonton video ketimbang membaca, Anda bisa menonton video ini.
di akhir video Mr. Chuck mengucapkan "Lebih besar, lebih mantab" :D

Kesimpulan:
Buku ini benar2 sangat lengkap, bahkan saya sendiri kaget saat melihat beberapa metode yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Algoritma2 ditulis dengan lengkap baik algoritma biasa maupun algoritma
 setup moves dalam BLD, sehingga pembaca dapat memilih untuk mempelajari setup moves tersebut dengan cara intuituve, atau dengan menggunakan algoritma. buku ini makin lengkap juga dengan adanya external link, sehingga jika para pembaca belum puas dengan isi buku, pembaca bisa membuka external link yang sudah tertulis di buku. metode2 yang dipaparkan di buku juga banyak, tidak hanya 1, sehingga pembaca dapat menentukan sendiri mana metode yang pas dan layak untuk digunakan.
Buku ini sangat recommended , terutama bagi cuber yang ingin mendalami Big Cubes. ada bonus (saya anggap bonus) juga tentang panduan BLD menggunakan M2/turbo.
Menurut saya, "Untuk cuber baru, buku ini menjadi GURU, untuk para senior (yang sudah mengerti sebagian besar isi buku) buku ini menjadi TEMAN." karena bagi para cuber baru, buku ini dapat menuntun dan mengajar mereka bagaimana menyelesaikan big cubes dari A-Z. dan bagi para cuber senior, buku ini dapat membantu saat ditanya oleh para newbie, kalo ada yang tanya, tinggal bilang, "Lho, khan dah ada bukunya Mr. Chuck, beli donk" :D. buku ini juga bisa menjadi bacaan ringan.
Jadi, Anda tidak rugi jika membaca buku ini apalagi membelinya. =)

Rating: 9/10 (karena ada beberapa kesalahan di buku, dan ada referensi yang tidak ditulis (The Cube)).

Miscellaneous:
- Di halaman awal ada tulisan ttg jumlah cetakan, bila laku buku ini akan mencapai cetakan ke 9 pada tahun 2013

- Sebelum pendahuluan, ada daftar isi, sebelumnya lagi

"Buku ini dipersembahkan untuk Muhammad Iril Khairul Anam dengan prestasi-prestasinya yang membanggakan dan menyemangati.

Arif "Virkill" Yulian Nur, Cendy Cahyo Rahmat, Chilwin Theodoroes, dan Aldo Feandri atas persahabatan yang penuh pembelajaran,

serta Josef Jelinek untuk aplikasi ICube-nya."
-ada disclaimer di halaman yang sama di bagian bawah.

-ilustrasi Cover oleh teman kita, Fahmi Asy'ari

-si Alien (Jihan) , komen di cover belakang

-pada cetakan perdana ini, ada beberapa kesalahan dan sudah diralat beberapa oleh penulis. bisa dilihat di :http://www.facebook.com/wicaksono.adi1?v=photos#!/album.php?aid=236...



yang udah beli atau baca, dan mau kasih reviewnya disini sangat diperbolehkan


Belom tau Cara Pesan Rubik? Klik disini

0 comments:

Post a Comment

Testimoni, kritik dan saran sangat kami harapkan