Lubrikasi Rubik dengan Baik


Bagaimana cara lubrikasi rubik yang baik? kadang temen-temen pernah kan ngerasa kok rubik saya lambat, kok rubik saya seret yah padahal sudah dikasih pelumas. Eitss!! pelumas apa dulu nih yang dipakai? jangan pelumas buat mesin motor yah? atau vaseline oil? hehe..

Perlu teman-teman tahu bahwa pelumas ini penting untuk mempercepat rotasi rubik karena pada dasarnya rubik ini benda mekanik yang saling bergesek. Apabila permukaan yang  saling bergesek ini menjadi licin maka putaranya bisa tambah cepet. bagaimana cara memperhalus permukaanya? bisa jadi diamplas. iya kah rubik diamplas? bisa jadi :D tapi ada cara lain yaitu dengan memberikan pelumas pada rubik. Hal tersebut bertujuan agar mengurangi daya friction atau gesekan.

Pelumas apa yang paling cocok buat rubik?
Pelumas yang cocok buat rubik pada dasarnya adalah yang berbahan dasar silikon. bukan minyak. intinya  silikon ini adalah plastik juga. :)

Pelumas dipasaran yang bisa dibeli
1. Maru Oil, 2. Jig-a-Loo 3. Elips Oil

Maru Oil 
biasa dijual ditoko-toko rubik. Harga rata-rata sama 30rb.



Jig-a-loo
Harga dipasaran sekitar 80rb bisa dipakai beratus2 kali, tapi penggunaanya tidak boleh sembarangan ada tata caranya, pertama rubik dibongkar, dibersihkan kemudian disemprot dan dikeringkan.  kami tidak menjualnya. karena tidak bisa dikirim melalui pesawat. silahkan beli di toko-toko grosir supermarket :)













ELIPS OIL
inikan buat rambut??? iya benar!! buat rubik juga bisa kok :) tapi ada yang bilang bikin seret, masa sih? ada caranya lhooo :D biar ga seret ada tekniknya semua ada caranya its simple. harganya sekitar 6rb.



Menurut mas Yudhistira adi (2010)
lubrikasi pake elips dapat menyebabkan dayan guhong tambah smooth putarannya dibandingkan dengan memakai maru lube JIKA cara melubrikasinya benar.. ;) memakai maru lube bisa membuat dayan guhong menjadi sangat "liar". beberapa orang tidak suka cubenya terlalu "liar" maka itu kadang dalam perakitan dan pelubrikasian, saya pun terkadang pake elips TAPI sebelum memakai elips, harus tau dulu tekniknya. :D faktanya saya hanya memakai elips 4 tetes untuk 1 buah cube. sangat hemat bukan.. :D

oke buat semua yg mau melube cubenya dengan elips. inilah teknik berikut penjelasannya. buat yg udah keburu ngelubrikasinya, tolong cubenya dibersihkan dulu dari elips yg 'overloaded' tadi. :)

pertama-tama. belilah elips yg berwarna kuning, karena saya telah bereksperimen, jenis ini paling baik untuk melubrikasi cube, karena lebih encer dan molekulnya bersifat anti-stiff.(tidak lengket seperti berlendir)

kedua, rakitlah dayan guhongmu dengan tension yg baik, posisikan ring sejajar dengan tempat perpanjangan dari lubang masuknya screw untuk mendapat tension yg baik.

ketiga posisikan cubemu dengan posisi tetap. maksudnya tetap jaga jangan sampai sisi-sisnya terbalik, untuk memudahkan lubrikasi.

keempat buka edgenya, dan teteskan elips sebanyak 2-3 tetes saja. lalu masukan lagi edgenya, balikkan cubemu di posisi oppositenya, cabut edgenya dan tetesi lagi elips sebanyak 2-3 tetes saja, kembalikan edgenya.

kelima, ratakan elipsnya keseluruh cubemu dengan memutar mutar semua sisinya, pada tahap ini, cubemu akan terasa agak lambat, dan ada sedikit feel 'menempel' antar piecenya. tidak masalah, yg penting ratakan dulu aja pokoknya. :D

setelah yakin merata, disinilah kunci keberhasilan melubrikasi guhong dengan elips, simak langkah ke enam.

keenam, preteli semua piece cubemu lagi. ya SEMUANYA hingga hanya tersisa core yg ada centerpiecenya.

ketujuh, ambil kain perca, atau apalah, pokonya yg bahannya kain dan bisa buat mengelap., lalu basuhkan pada bagian body edge dan pada bagian tungkai corner. hal ini meminimalisir feel 'lengket' pada setiap piecenya. lep dan gosoklah dengan 'hard'

kedelapan pada bagian bawah edge dan corner yg menyangkut satu sama lain ke bagian bawah center piece, dilap dengan gerakan yg soft, artinya jangan terlalu hard dan jangan terlalu 'dibersihkan' elipsnya, setelah melap dan menggosok, rasakan piecenya, sisikan feel 'licinnya' saja. hal ini berffungsi mereduksi molekul elips yg saling berpolimer/bergabung satu sama lain jika bertemu.

kesembilan, lap centerpiece dan coremu dari elips yg menempel disisi center piece. dengan 'hard' hingga terasa kesat.

pasang kembali piecenya.
rasakan bedanya. kini guhongmu tidak akan seliar jika memakai lube maru, namun tetap mendapat putaran yg lebih ringan dai tipe F2 plus gliding yg sempurna. ;)

Sekian tutorial cara lubrikasi rubik kali ini, kalo ada diskusi silahkan koment dibawah yah :)

Best Regrads


jualrubik.com



0 comments:

Post a Comment

Testimoni, kritik dan saran sangat kami harapkan